kalender

salju

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Panda main bola

Seguidores

Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 10 Juni 2013
Analisis Video Tawuran Pelajar

·              Pengertian Tawuran
Dari video mengenai tawuran ini saya dapat mengenalisis bahwa Tawuran adalah penyimpangan sosial berupa perkelahian. Tawuran antar pelajar merupakan fenomena sosial yang sudah dianggap lumrah oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan ada sebuah pendapat yang menganggap bahwa tawuran merupakan salah satu kegiatan rutin dari pelajar yang menginjak usia remaja. Tawuran antar pelajar sering terjadi di kota-kota besar. Tetapi di zaman sekarang ini tawuran pun sering terjadi di daerah-daerah pun bahkan anak SD pun sering melakukan tawuran.
Permasalahan tersebut, seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bukan merupakan permasalahan yang baru saja muncul. Di salah satu kota besar di Indonesia seperti Jakarta misalnya, terdapat sekolah menengah atas SMAN 70 Jakarta sejak dahulu ‘rutin’ melakukan tawuran.
Para pelajar remaja yang sering melakukan aksi tawuran tersebut lebih senang melakukan perkelahian di luar sekolah daripada masuk kelas pada kegiatan belajar mengajar. Tawuran tersebut telah menjadi kegiatan yang turun temurun pada sekolah tersebut. Sehingga tidak heran apabila ada yang berpendapat bahwa tawuran sudah membudaya atau sudah menjadi tradisi pada sekolah tertentu, seperti yang terjadi di SMAN 70 jakarta dengan STM 712  Para siswa melakuakn tawuran di depan sekolahnya sendiri hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.
Kerugian yang disebabkan oleh tawuran tidak hanya menimpa korban dari tawuran saja, tetapi naasnya siswa yang tidak ikut tawuran pun malah menjadi korban, dan juga mengakibatkan kerusakan di tempat mereka melakukan aksi tersebut. Tentunya kebanyakan dari para pelaku tawuran tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan yang mereka timbulkan. Biasanya mereka hanya lari setelah puas melakukan tawuran. Akibatnya masyarakat menjadi resah terhadap kegiatan pelajar remaja.

·              Penyebab Tawuran
Penyebab dari tawuran yang paling utama biasanya dendam antar sekolah, dan yang lainnya seperti saling ejek jadi menyebabkan tawuran itu terjadi.
Penyebab lainnya yaitu pendidikan di zaman sekarang yang memaksakan seorang pelajar untuk berpikir sesuai dengan kurikulum yang dibuat oleh pemerintah.
Terciptanya rasa solidaritas dan rasa kesetiakawanan  sering dijadikan alasan mereka untuk melakukan tawuran dikarenakan ingin membela teman yang merasa harga dirinya telah diinjak oleh pihak lawan.
·               Cara Mencegah dan Menanggulangi Terjadinya Tawuran
Cara mencegah dan menanggulangi terjadinya tawuran adalah dengan cara membekali diri dengan pengetahuan agama yang sebanyak-banyaknya, mengikuti pelajaran atau kegiatan tambahan di sekolah, hindari nongkrong habis pulang sekolah.
Keluarga pun dapat mencegah anak supaya tidak ikut-ikutan dalam tawuran dengan cara memberi perhatian cukup kepada anak, membangun kepercayaan dan menjalin komunikasi yang sangan hangat dan penuh kasih sayang.
Upaya yang dapat dilakukan lainnya  adalah dengan menata ulang kurikulum pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kultur budaya di Indonesia. Hal ini dapat membuat siswa menjadi nyaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Apabila siswa merasa nyaman, maka mereka tidak akan mencari kegiatan lain yang dapat mencelakakan diri dan orang lain serta cenderung untuk tidak melakukan penyimpangan.
Kaitan dari video tawuran ini dengan mata pelajaran IPS adalah para siswa hanya tahu teori belajarnya saja tentang tawuran itu sendiri, tetapi mereka tidak menerapkan teori tersebut dalam nilai dan sikap yang mereka miliki dalam kehidupan sehari-hari. Faktor yang menyebabkan mereka tidak menerapkan teori tersebut di karenakan kurikulum pendidikan yang memaksa anak untuk berpikir sesuai dengan kurikulum yang dibuat oleh pemerintah, yang dianggap oleh para siswa terlalu berat.

Analisi Video Anak Jalanan yang Suka “Ngelem”

Ngelem yang sering dilakukan oleh anak-anak jalanan dengan alasan supaya menghilangkan rasa lapar, menyebabkan halusinasi, sensasi melayang-layang dan rasa tenang sesaat meski kadang efeknya bisa bertahan hingga 5 jam sesudahnya. Karena keasyikan ngelem ini kadang-kadang tidak merasa lapar meski sudah jamnya makan.
Beberapa hari yang lalu saya melihat  anak jalanan yang sedang “ngelem” tiba-tiba masuk ke dalam angkot.
Anak jalanan yang suka ngelem sudah tidak malu-malu untuk melakukan hal itu di depan umum seperti yang ada di video ini mereka malah senang mempublikasikan aksi-aksi mereka.

·              Penyebab “Ngelem”
Penyebab dari anak-anak jalanan melakukan hal ini, biasanya karena himpitan ekonomi, kurang pengawasan dari orang tua yang membebaskan anaknya keluyuran di jalanan sehingga anak-anak mereka terjerumus kedalam pergaulan yang menyimpang, kurangnya perhatian dari orang tua, pengaruh negatif dari lingkungan sekitar. Sama seperti narkoba pada umumnya, efek ngelem akan menyerang susunan saraf di otak sehingga bisa menyebabkan kecanduan. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan otak sementara dalam jangka pendek risikonya adalah kematian mendadak.

·              Cara Mencegah dan Menanggulangi Anak yang Suka “Ngelem” (Menghisap Lem)
Menurut saya cara mencegah dan menanggulangi anak yang suka ngelem (menghisap lem) dengan cara adanya peran dari orang tua memberikan pengertian yang lebih kepada anak, memantau kegiatan anak, Masyarakat perlu bekerjasama dengan berbagai LSM untuk membantu mengurangi jumlah anak jalanan yang ngelem. Pemerintah juga harus turun tangan dengan cara memeberikan hak-hak mereka.



0 komentar: