kalender

salju

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Panda main bola

Seguidores

Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 03 Juni 2013
SEJARAH PERKEMBANGAN IPS SECARA UMUM

IPS dalam perkembangannya dimulai dari gejala sosial baik itu phenomena yang terjadi pada masyarakat maupun isu – isu soasial. IPS merupakan terjemahan dari social studies. Untuk mengetahui sejarah perkembangan IPS, maka kita harus melihat sejarah perkembangan social studies yang berkembang di Amerika, kita bisa meliat melalui karya akedemis yang dipublikasikan oleh NCSS ( National Council for the Social Stadies ) pada pertemuan organisasi tanggal 20 – 30 november 1935. Dimana pada pertemuan tersebut mengalami sebuah kebingungan dengan pemikiran yang tidak jelas, sehingga terjadi perdebatan intelektual yang terselesaikan, tetapi ada sebuah harapan bahwa pada suatu saat nanti social studies akan mencapai hasil yang gemilang.

Menurut Edgar social studies adalah ilmu – ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujan pendidikan. Dan meliputi aspek – aspek ilmu sejarah, ilmu ekonomi, ilmu geografi, ilmu politik, antropologi dan filsafat. Jadi intinya sosial studies itu merupakan turunan dari ilmu – ilmu sosial, dimana disiplinnya ini dikembangkan untuk memenuhi tujuan pendidikan baik ditingkat persekolahan maupun pendidikan tinggi, dan aspek dari masing – masing disiplin ilmu sosial itu harus disesuikan dengan tujuan pendidikan.
Perkembangan selanjutnya tahun 1940-1950 NCSS mendapat serangan dari para ahli tentang pertanyaan “ perlukah social stadies menanamkan sikap dan nilai demokrasi kepada para pemuda?” dari pertanyaan tersebut tumbuhlah tuntutan bagi sekolah untuk mengajarkan pengetahuan,keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam lingkungan masayarkat. Perkembangan selanjutnya tahun 1960 muncul suatu gerakan akademis yang mendasar dalam pendidikan. Hal ini dapat dipandang sebagai suatu revolusi dalam social studies yaitu “ the new social studies” dimana gerakan ini dipelopori olah para pemuda yang terdiri dari ilmuan dan sejarawan. Menurt Barr pada tahun 1940-1960 terjadi tarik menarik antara dua visi social studies yaitu gerakan untuk mengintegrasikan citizenship education dan gerakan pemisahan disiplin ilmu sosial yang cendrung memperlemah citizenship Education.

Pada tahun 1955 ada terobosan besar dalam dunia social studies berupa inovasi Maurice Hunt dan Laurence Metchalfyang mengumukakan bahwa program social studies disekolah harusnya bukan dalam bentuk pembelajaran terpisah tetapi diorientasikan kepada maslah – maslah yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Pada tahun 1960 gerakan the new social studies menjadi pilar perkembangan social studies. Social studies sebelumnya dinilai tidak efektif dalam mengajarkan dan mempengaruhi sikap siswa karena pada saat itu tidak ada perubahan. Dengan demikian para sejarawan dan para ahli merumuskan social studies ketarap “ higher level of intellectual pursuit” dan pada tahun 1960 akhir terjadi adanya perubahan dari akademik terpisah – pisah kedalam hubungan interdisipliner.

Pada perkembangan 1970 social studies terjadi perkembangan dalam perkembangan kurikulum yaitu perkembangan gerakan social studies dan citizenship education. Kalau dilihat dari visi, misi dan tradisi, social stadies dikembangkan kedalam 3 tradisi yaitu : social studies taough  as citizenship tranmision, socisl studies as social saince, dan social studies taought as revlective inquiry. 

0 komentar: